Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bertahan Hidup di Negeri Pandemi



guruahmadfauzi.com - Salam guru profesional, berjumpa kembali dengan website seputar dunia pendidikan yang berisi informasi kependidikan Serta mengupas tuntas tentang kiprah guru sebagai pendidik, penulis dan pengusaha (guru 3 in 1) yang dikemas dengan bahasa yang sederhana untuk memberikan kontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Amiin.

Kali ini, guruahmadfauzi.com akan berbagi artikel dengan judul "Bukan sekedar belajar saja".  Belajar tidak hanya menambah ilmu pengetahuan namun nilai-nilai kemanusiaan yang bisa membuat siswa sadar akan posisi kemanusiaanya. Dalam artikel ini akan dibahas lebih detail lagi.
Selamat membaca ya !

Virus Corona memang berdampak dalam segala aspek kehidupan. Mulai dari ekonomi, pendidikan, sosial politik bahkan ke hal yang bersifat pribadi. Semuanya harus mengikuti aturan dan protokoler penangan Covid-19. Bila tidak ancaman tertular virus semakin nyata di depan mata.

Begitu pula dengan belajar. Pandemi ini memaksa kita untuk menyesuaikan pembelajaran di sekolah dengan kondisi saat ini. Belajar jarak jauh atau daring istilah yang digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran dari TK sampai perguruan tinggi. Semua melaksanakan model pembelajaran daring agar transfer ilmu dari guru ke murid tetap berjalan sesuai dengan perencanaan pembelajaran off line atau tatap muka langsung.

Pembelajaran di rumah dengan model daring membawa perubahan prilaku dalam pembelajaran. Guru harus betul2 menyiapkan pembelajaran yang komunikatif, interaktif dan efektif. Sedangkan siswa harus serius memperhatikan dan mengikuti arahan guru agar tujuan pembelajaran tercapai. Bila tidak maka akan sia2 pembelajaran yang dilaksanakan. Ditambah lagi dengan kendala infrastruktur yang belum memadai.

ebenarnya pembelajaran daring atau online tidak sekedar siswa dicekoki materi dan tugas yang menumpuk namun harus ada penumbuhan karakter dalam mensikapi kondisi pandemi saat ini. Materi yang diberikan harus melibatkan penumbuhan karakter. Jadi tidak sekedar belajar saja. Bukan transfer knowledge saja. Namun materi dalam pembelajaran harus menumbuhkan karakter yabg dibutuhkan dalam situasi sekarang. Pembelajaran harus bisa menumbuhkan sikap disiplin, bertanggung jawab dan mandiri. Agar siswa siap menghadapi situasi apapun. Penyisipan muatan manajemen diri, problem solving dan lainnya harus dikemas bagus oleh guru.

Sikap peduli, simpati dan empati juga harus lahir dalam pembelajaran daring ini agar bisa digunakan dalam menangkal penyebaran virus berbahaya ini. Karena buadaya ini akan membawa perubahan prilaku hidup ditengah pandemi ini. Semoga pembelajaran ditengah pandemi tidak sekedar belajar saja namun bisa memberikan pelajaran hidup yang bermakna. Amin

Posting Komentar untuk "Bertahan Hidup di Negeri Pandemi"