Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Sukses Lulus PPG 2023

guruahmadfauzi.com
- Salam guru profesional, berjumpa kembali dengan website seputar dunia pendidikan yang berisi informasi kependidikan Serta mengupas tuntas tentang kiprah guru sebagai pendidik, penulis dan pengusaha (guru 3 in 1) yang dikemas dengan bahasa yang sederhana untuk memberikan kontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Amiin.

Kali ini, guruahmadfauzi.com akan berbagi artikel tentang bagaimana sukses dan lulus PPG 2022 yang bersamaan dengan masa pandemi Covid 19 yang mudah2an segera berakhir. Kami mencoba memberikan tips sukses berdasarkan pengalaman penulis dalam mengikuti PPG pada tahun 2019 di Universitas Negeri Surabaya. Selamat membaca ya !

Program profesi guru 2022 belum  diumumkan oleh pihak Kemendikbud. Peserta diminta menyiapkan persyaratan administrasi terkait pelaksanaan PPG 2022 Kesediaan peserta mengikuti PPG 2021 menjadi langkah awal dimulainya pelaksanaan oleh para guru yang mendapat giliran tahun ini. Banyak tahapan yang mestinya dilalui oleh peserta PPG 2022 untuk sampai pada tahap akhir yakni mendapatkan selembar sertifikit pendidik. Terlebih pada tahun 2022 berbarengan dengan pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia. Perlu persiapan ekstra baik fisik maupun non fisik untuk mengikuti PPG 2022.


Ada beberapa tips sukses yang bisa dilaksanakan untuk sukses PPG 2022. Tips sukses ini berkenaan dengan pelaksanaan tatap muka di tempat PPG atau LPTK, Mulai kegiatan workshop, PPL, uji kinerja dan Ujian akhir baik daring maupun luring. Kegiatan daring akan dibahas pada kesempatan yang berbeda. Tips sukses ini berdasarkan pengalaman penulis saat mengikuti PPG 2019. Walau tidak ada pandemi Covid 19 pada tahun 2019, namun tips sukses ini bisa dipakai juga untuk sukses PPG 2022. Apa tips sukses tersebut ikuti ulasan berikut.

Pertama, Persiapan fisik. Fisik yang kuat saat mengikuti PPG sudah menjadi modal awal yang baik untuk sukses PPG 2022. Kenapa saya katakan fisik menjadi modal awal karena aktivitas PPG memerlukan fisik yang kuat. Kegiatan pembelajaran yang padat ditambah penugasan yang cukup banyak bisa menguras tenaga saat melaksanakan PPG. Bila fisik kuat Insyaallah PPG lancar karena akan jarang sakit. Jangan lupa olahraga dan minum vitamin untuk menjaga stamina tubuh dan fisik yang prima.

Kedua, Mental. Fisik yang kuat bila tidak diimbangi dengan mental yang kuat juga, kegagalan sudah di depan mata. Mental disini erat kaitannya dengan suasana batin peserta PPG. Dengan tugas pembelajaran yang banyak bisa membuat peserta banyak stress dan depresi. Memang banyak faktor yang menyebabkan peserta banyak mengalami stress saat pelaksanaan PPG. Tapi bila dari awal kita sudah menyiapkannya maka kejadian stress bahkan meninggal di tempat PPG dapat kita hindari. Jangan sampai bapak/ibu peserta PPG mengalami kejadian2 tersebut. Amin

Ketiga, Memiliki manajemen waktu yang baik. Padatnya kegiatan PPG mulai dari kegiatan daring sampai ujian akhir memang menyita waktu peserta PPG. Maka dari itu peserta harus bisa mengatur kegiatan yang padat tersebut. Jangan sampai menunda tugas2 dari dosen atau instruktur agar tidak menumpuk. Kerjakan sesuai jadwal. Begadang dikurangi atau ditiadakan. Gunakan waktu kegiatan kuliah dengan efektif dan waktu istirahat dengan bijak.

Keempat, Manajemen Diri. Hal ini erat kaitannya pengambilan keputusan berdasar kondisi diri kita. Keputusan pemilihan tempat kos-kos dengan lokasi kampus itu saat kaitannya dengan diri kita. Mau pake motor atau mobil itu juga penting. Bahkan mau pake ojek online atau jalan kaki itu juga sebagai strategi manajemen diri. Kalau saran saya, utamanya pemilihan tempat kos-kosan itu cukup vital. Pilihlah tempat kos-kosan yang saling berdekatan dengan peserta yang lain. Jangan menyendiri. Komunikasi dan kerjasama antar peserta PPG berperan penting suksesnya PPG. Kalau perlu sewa satu rumah untuk satu kelas peserta PPG disamping lebih murah juga sangat membantu dalam mengatasi bila terjadi kesulitan yang dialami peserta PPG.

Kelima, Finansial. Waktu pelaksanaan PPG yang cukup lama khususnya saat kegiatan tatap muka, maka peserta PPG harus bisa berhitung biaya yang harus dipersiapkan. Jangan sampai kehabisan amunisi atau uang saat mengikuti PPG. Mulai biaya kos, makan, transportasi dan biaya tugas kuliah atau ujian. Perlu direncanakan dengan matang. Jangan sampai berhenti ditengah jalan PPG nya gara2 kehabisan biaya. Persiapkan dengan baik terlebih bagi peserta dari luar daerah atau antar pulau.

Bapak/ibu calon peserta PPG 2022, itulah tips yang mungkin bisa saya sampaikan disamping hal tersebut diatas persiapan ujian akhir tak kalah penting. Karena itu penentu kelulusan PPG. Kerjasama dan diskusi antar peserta dalam membahas soal-soal ujian akhir praktis harus dilakukan agar ujian akhir bisa dikerjakan dengan baik sehingga nilai KKM tercapai dan lulus.

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Lulus PPG 2023"