Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MENGAPA KITA PERLU MENINGGALKAN ZONA NYAMAN ?


Zona nyaman menjadikan kita menjadi terlena dan tidak mau berkembang. Zona nyaman membuat orang menjadi mabuk kepayang dan menurunkan kekreatifitas. Itu sebabnya, orang yang dulunya sangat pintar dan kreatif tidak bisa mengembangkan keahliannya lebih tinggi lagi karena sudah dibatasi oleh zona nyaman tersebut. 

Allah SWT sudah jelas mengatakan di dalam Al Quran Surat Ar Ra’d ayat 11: 

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ 

*Artinya* : "Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” 

Jelas sekali dikatakan jika kita mau merubah nasib kita sendiri, kita harus merubahnya sendiri. 
Mau mulai usaha maka kita harus membaca peluang usaha yang ada, lakukan survey pasar. 
Mau karir di dunia kerja bagus maka belajarlah ilmunya. dan banyak lagi ilmu lainnya yang perlu kita pelajari agar kita bisa merubah diri kita sendiri. 

Jika ingin menjadi sukses dalam kehidupan, sering-seringlah untuk berada di luar zona nyaman karena di situlah letak ilmu keberhasilan bertebaran. 

Tantangan-tantangan yang akan dihadapi akan mengasah otak kanan kita untuk jauh lebih kreatif. Selain itu, dari setiap tantangan yang ada akan mencetak kepribadian kita yang lebih kuat, bijak, dan penuh semangat. Itulah kenapa ketika kita sekolah pasti ada tingkatan kelasnya, agar kita semakin maju dalam ilmu dan pengalaman.  

Coba kita lihat orang-orang yang sukses di dunia ini, tidak ada seorangpun yang hidup di zona nyaman. Steve Jobs yang selalu berinovasi dan menciptakan produk luar biasa seperti iPad, iPod, iPhone yang merubah cara orang menjalani hidup, Mark Zuckerberg dengan ide Facebooknya yang merubah cara berkomunikasi masyarakat dunia, Larry Page dan Sergey Brin dengan produknya Google merubah cara orang mencari informasi, dan banyak lagi lainnya. 

Mereka semua adalah orang yang menyukai tantangan dan selalu mencoba hal-hal baru dan visioner. Berikut ini ada beberapa alasan untuk meninggalkan zona nyaman, yaitu : 

• Menghindari kebosanan: Jika kita terus-menerus berada di zona nyaman, maka kita akan mudah bosan dan kurang terstimulasi karena kurangnya keragaman. 

• Mempertahankan ketajaman mental: Kurangnya stimulasi yang berkelanjutan dapat mulai memengaruhi kinerja kognitif kita secara negatif dalam banyak hal. Singkatnya, kebosanan itu buruk. 

• Meningkatkan kepercayaan diri: Keterikatan berlebihan pada zona nyaman dapat membuat kita merasa tidak dapat meninggalkannya. Namun jika kita bisa melakukan sesuatu yang berbeda, rasa percaya diri akan muncul. 

• Mengatasi ketakutan: Dalam banyak kasus, keterikatan pada zona nyaman bisa menjadi hasil dari ketakutan yang mendasarinya. Dengan menantang zona nyaman, ini juga dapat menantang ketakutan kita. 

• Mengurangi kecemasan: Pengenalan situasi stres secara bertahap dapat membantu mengurangi kecemasan terkait situasi tersebut dari waktu ke waktu. Bahkan perubahan kecil dalam pilihan mode dapat berdampak positif pada kesehatan mental. 

• Menemukan komunitas baru: Meninggalkan zona nyaman dapat menawarkan peluang unik untuk menemukan dan terlibat dengan orang baru, melakukan hobi baru, dan membangun lingkaran sosial yang lebih kuat. 

• Menguji diri dengan hal baru: Meninggalkan zona nyaman tidak harus tentang mencoba sesuatu yang diyakini akan kita nikmati. Ini juga bisa tentang mencoba sesuatu yang kita tidak yakin apakah akan menikmatinya atau tidak. 

• Menemukan minat baru: Dengan meninggalkan zona nyaman, kita dapat mencoba aktivitas baru dan mungkin menemukan minat berbeda. 

• Mengembangkan keterampilan baru: Dengan meninggalkan zona nyaman, kita mungkin bisa menemukan peluang baru untuk menemukan dan mengembangkan keterampilan baru yang bermanfaat dan memperoleh pengetahuan tentang hal baru. 

• Meningkatkan empati: Dengan terlibat dengan komunitas baru atau belajar lebih banyak tentang hobi dan gaya hidup lain, kita dapat mengembangkan empati terhadap orang lain yang sebelumnya tidak banyak berhubungan dengan kita. 

Banyak hal- hal yang kita jalankan dan menurut kita adalah sesuatu yang nyaman, padahal hal tersebut jauh dari rasa nyaman yang sebenarnya. 

Begitu pula dalam masalah bisnis, banyak orang yang terjebak dengan kalimat zona nyaman ini. Kebanyakan orang tidak terlalu sadar akan kebutuhan masa depan, yang ada dan di depan mata saja yang saat ini diusahakan. 

Diajak dalam bisnis namun masih ragu dan ogah-ogahan, alasannya sudah zona nyaman katanya. Padahal hutang masih banyak, sangat sibuk dan sedikit waktu untuk keluarga, belum haji/umroh, belum memiliki rumah dan kendaraan, dll. 

Semoga melalui wasilah bisnis BP ini semakin banyak yang berjuang untuk mempersiapkan masa depan. Semoga Allah mudahkan kita untuk keluar dari yang katanya zona nyaman menuju zona nyaman sebenarnya. 


Athie
Profit Protocol

Posting Komentar untuk "MENGAPA KITA PERLU MENINGGALKAN ZONA NYAMAN ?"